DESAIN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Pendidikan
Kewarganegaraan Kelas
: VI ( Enam ) SD
Materi
: Peran Indonesia Di Asia Tenggara
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan peranan Indonesia melalui ASEAN
2. Siswa mampu meyebutkan tujuan pendirian dan bentuk-bentuk
kerjasama ASEAN
3. Mampu menjelaskan peranan Indonesia di asia tenggara
4. Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama Indonesia
dengan Negara lain di Asia Tenggara.
B. Analisis Pembelajaran
ASEAN berlambang batang padi yang terikat, tanda persatuan
dan persahabatan antara bangsa di Asia Tenggara.
Manusia adalah makhluk social, seseorang manusia tidak akan
mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. Demikian juga dengan sebuah Negara ia
tidak akan sanggup memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karna itulah diadakan
kerjasama antar Negara.
Hubungan
Indonesia dengan Asia tenggara dari masa ke masa.
Asia Tenggara : Pengertian : sebuah kawasan yang berada di bagian tenggara benua asia
Ciri-ciri benua Asia
: Wilayahnya berbentuk kepulauan
Batas-batas wilayah asia tenggara :
a. Barat: samudra hindia dan
anak benua india
b. Timur: Papua nugini dan
samudra pasifik
c. Utara: China
d. Selatan : Samudra Indonesia
dan benua Australia
Proses Pembentukan ASEAN
Sebelum ASEAN terbentuk, telah ada sejumlah organisasi yang
mendahuluinya, organisasi-organisasi tersebut telah beranggotakan sejumlah
Negara di Asia tenggara. Organisasi tersebut didirikan dalam rangka menghadapi
perkembangan keadaan dunia.
Lambang ASEAN dan maknanya
Lambang : Biru
Putih
Kuning
Merah
Makna :
1. Ikatan sepuluh batang padi menggambarkan sepuluh anggota
ASEAN
2. Lingkaran menggambarkan persatuan ASEAN
3. Warna biru menggambarkan pada perdamaian dan persahabatan
4.Warna dasar merah menggambarkan keberanian dan Kedinamisan
5. Warna putih menggambarkan kesucian
6. Warna kuning menggambarkan kemakmuran
Maksud
dan Tujuan ASEAN
Asean dibentuk untuk mempererat
hubungan Negara-negara di Asia Tenggara
Tujuan d didirikan ASEAN :
1. Mempercepat laju pertumbuhan ekonomi , kemajuan social
dan pengembangan kebudayaan di wilayah Asia tenggara.
2. memperkokoh perdamaian dan stabilitas
C. Karakteristik Siswa
Posisi duduk siswa :
D. Tujuan Performansi
8 x 40 menit : 320 menit
1 x tatap muka : 2 x 40 menit
E.
Menggambarkan butir-butir ter acuan
patokan
1. Pengertian
dan kepanjangan dari ASEAN
2. Maksud
dan tujuan ASEAN
3. Cara
dan proses pembentukan ASEAN
4. Peran
Indonesia di kawasan Asia Tenggara
F.
Mengembangkan Strategi pembelajaran
formatif
1. Metode yang digunakan
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Kuis
I.
Langkah-langkah pembelajaran
a. Pembukaan : 10 Menit
b. Salam :
Menyapa Siswa
c. Review materi sebelumnya
d. Pre test
II.
Isi :
20 Menit
a. Pemberian materi atau arahan
b. Rangkuman
c. Diskusi
d. Tanya jawab
III.
Penutup : 15 Menit
a. Penyampaian kesimpulan
b. Test/tugas
c. Salam Penutup
G.
Mengembangkan dan memilih materi
a. Peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara
b. Maksud dan tujuan pendirian bentuk-bentuk kerjasama ASEAN
c. Mengetahui lambing ASEAN dan maknanya
d. Pengertian Asia Tenggara
H.
Mengembangkan dan memilih materi
pembelajaran formatif
a. Peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara 15 %
b. Pengertian dan kepanjangan dari ASEAN 15 %
c. Maksud dan tujuan ASEAN 30
%
d. Cara dan pembentukan ASEAN 35
%
I.
Merevisi bahan Pembelajaran
Untuk
siswa yang sudah tuntas (Nilainya memenuhi KKM) maka diadakan tugas pengayaan
dan untuk siswa yang tidak tuntas ( Nilainya tidak memenuhi KKM) maka diadakan
Remidi.
J.
Mendesain dan melaksanakan evaluasi
sumatif
Contoh Soal Pilihan Ganda
1. ASEAN didirikan atas prakarsa lima Negara Asia tenggara pada
tahun :..
a. 1945 c.
1967
b. 1957 d.
1997
c.
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Nilai
|
1
|
ASEAN
didirikan atas prakarsa lima Negara Asia tenggara pada tahun ?
|
||
2
|
ASEAN
merupakan kepanjangan dari ?
|
||
3
|
Wakil
Indonesia dalam pendirian ASEAN adalah?
|
||
4
|
Salah
satu hal berikut yang tidak tepat berkaitan dengan ASEAN adalah
|
||
5
|
Salah satu tujian didirikan ASEAN
adalah
|
||
6
|
Berikut yang bukan merupakan
anggota Negara ASEAN adalah ?
|
||
7
|
Yang dimaksud Asia tenggara sbg
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar