Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
MODEL
PEMBELAJARAN JIGSAW
Nama Sekolah
: SD Negeri ...
Mapel/ Materi
Pokok : IPA/ Adaptasi Tumbuhan
Kelas/Semester
: V / 1
Alokasi
Waktu : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari/Tanggal
: ...
A. Standar
Kompetensi:
3.1 Mengidentifikasi cara mahluk hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan.
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan
tertentu untuk mempertahankan hidup.
C.
Indikator
·
Kognitif
a. Produk :
ü menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan
ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dengan habitatnya.
ü menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan
ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dari musuhnya.
b. Proses :
ü mengidentifikasi bentuk
adaptasi tumbuhan dengan habitatnya.
ü mengidentifikasi bentuk
adaptasi tumbuhan dari musuhnya.
·
Afektif
Mengisi
tabel bentuk adaptasi tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.
·
Psikomotor
Mengambar tumbuhan disertai bentuk
adaptasi dan ciri- ciri yang dimiliki.
D.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Melalui pengamatan macam- macam tumbuhan yang dibawa oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan
terhadap habitatnya dengan benar.
b. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya dengan benar.
c. Melalui media gambar macam- macam
tumbuhan siswa dapat menyebutkan 4 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya
beradaptasi terhadap habitatnya dengan benar.
d. Melalui media gambar macam- macam tumbuhan ,
siswa dapat menyebutkan 4 contoh tumbuhan dan ciri khusus yang dimiliki untuk
mempertahankan hidup dari musuhnya dengan benar.
e. Melalui penugasan di LKS, siswa dapat
mengisi tabel bentuk adaptasi tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki
menggunakan kartu kata secara benar.
f. Melalui penugasan tentang adaptasi
tumbuhan, siswa dapat mengambar macam- macam tumbuhan disertai bentuk adaptasi
dan ciri- ciri yang dimiliki dengan benar.
E. Dampak Pengiring
Setelah pembelajaran tentang adaptasi tumbuhan
selesai, siswa diharapkan mengetahui cara tumbuhan disekitar mereka
mempertahankan diri baik di habitatnya maupun dari musuhnya.
F.
Materi
Ajar ( Materi Pokok )
Adaptasi Tumbuhan
1. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan
Habitatnya.
Habitat adalah tempat tumbuhan hidup. Tumbuhan dapat hidup di
tanah, air maupun gurun. Untuk mempertahankan hidup di linkungannya tumbuhan
perlu beradaptasi.
a. Pohon Jati, mahoni,
kedondong, mengugurkan daun.
b.
Kaktus, bentuk daun berupa duri, untuk mengurangi penguapan dan batangnya untuk
menyimpan air.
c.
Teratai, daunya lebar dan tipis untuk menangkap cahaya lebih banyak, sehingga
penguapanya semakin banyak.
d. Kangkung,
batang berongga agar dapat mengapung.
e. Enceng
gondok, punya rongga untuk mengapung dan bernafas.
2. Cara Tumbuhan Melindungi Diri
Tumbuhan perlu
melindungi diri dari musuhnya untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian
jenisnya. Tumbuhan tidak bias lari seperti tubuhan, maka tumbuhan mempunyai
bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi diri agar dapat hidup dan
berkembang biak.
a. Duri-
duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
b. Bulu, seperti
bambu, jelantang dan rotan
c. Getah,
seperti kamboja, nangka
d. Rasa yang
sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
e. Bau
tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga
G.
Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran Jigsaw
2. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah bervariasi
b. Diskusi kelompok
c. Penugasan
d. Pengamatan
H. Langkah-langkah pembelajaran :
No.
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Kegiatan awal, ± 10 menit
|
||
Pendahuluan
|
a. Guru mengkondisikan siswa untuk
mengikuti proses pembelajaran.
b. Guru mengecek kesiapan siswa,
media, dan kelengkapan belajar.
|
disiplin
|
|
Motivasi
|
Guru memberikan tes penjajagan
kepada siswa
|
keberanian
|
|
Apersepsi
|
Menyanyikan lagu “ Adaptasi” versi
lagu “ Tamasya”
|
keberanian
|
|
kompetensi
|
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran
|
perhatian
|
|
2.
|
Kegiatan inti, ± 35 menit
|
||
Eksplorasi
|
1) Siswa bersama guru mengkaitkan
apersepsi dengan pembelajaran.
2) Siswa mengamati beraneka tumbuhan
yang dibawa guru.
3) Siswa mengidentifikasi bentuk
adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya.
4) Siswa mengamati media gambar
macam- macam tumbuhan, dan menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri- ciri
khususnya beradaptasi terhadap habitatnya.
5) Siswa menyebutkan 3 contoh
tumbuhan dan ciri khusus yang dimiliki untuk mempertahankan hidup dari
musuhnya
|
Keberanian, percaya diri, teliti
|
|
Elaborasi
|
1) Guru membagi siswa ke dalam
kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa, yang selanjutnya disebut kelompok
awal ( anggur, melon, rambutan, papaya dan manggis)
2) Guru membagikan nomer 1- 5 kepada
kelompok awal.
3) Guru membagikan lembar diskusi
kepada masing- masing kelompok awal dengan materi yang berbeda.
4) Siswa berdiskusi tentang cara
daptasi tumbuhan yang mereka peroleh.
5) Setiap kelompok memastikan semua
nggotanya memahami hasil diskusi.
6) Guru menyuruh anak yang memakai
angka1, berkumpul dan menjadi satu kelompok, lalu kita sebut sebagai kelompok
ahli. Untuk nomer 2 dengan 2, 3 dengan 3, 4 dengan 4, 5 dengan 5.
7) Kelompok ahli yang terbentuk
merupakan kumpulan dari berbagai kelompok awal sebelumnya.
8) Siswa berdiskusi bersama kelompok
ahli, tentang hal yang di diskusikan dengn kelompok awal.
9) Semua kelompok memastikan anggota
kelompoknya menerima informasi dari masing- masing anggota kelompok awal
tadi.
10) Setelah
itu siswa kembali ke kelompok awal tadi, dan berdiskusi dengan temannya
tentang ilmu yang di dapat di kelompok ahli tadi.
11) Siswa
secara berkelompok mengisi LKS yang telah disediakan.
|
Percaya diri,
Keberanian, kerja
sama, tanggung jawab, disiplin
|
|
Konfirmasi
|
1) Guru memberi penghargaan dan tepuk
tangan kepada kelompok yang sudah selesai terlebih dahulu
2) Guru memanggil secara acak
perwakilan dari kelompok awal untuk membacakan hasil diskusinya di depan
kelas dan kelompok lain memberi tanggapan
3) Guru memberikan skor di papan skor
bagi kelompok yang menjawab benar.
4) Siswa menanggapi hasil diskusi
kelompok lain.
5) Guru memberikan tanggapan kepada
kelompok yang maju.
6) Guru bersama siswa bertanya jawab
tentang kesalahan pemahaman tiap materi, dan memberikan penguatan
7) Guru dan siswa membuat kesimpulan
hasil diskusi.
|
Percaya diri, disiplin, keberanian, toleransi, kerja
sama
|
|
3.
|
Kegiatan akhir, ± 20 menit
|
||
Penutup
|
a. Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan
materi yang sudah dipelajari.
c. Guru memberi
kesempatan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d. Guru
memberikan evaluasi kepada siswa.
e. Guru
memberikan pesan moral pada akhir pelajaran
|
Tanggung jawab, disiplin,
keberanian, ketelitian, tenggang rasa, saling menghargai.
|
|
Tindak lanjut
|
a. Kegiatan
remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM
b. Kegiatan
pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari KKM
|
I.
Buku Sumber dan Alat Peraga
·
Buku Sumber :
1. KTSP
2. Muharam, aris, dkk. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam 5 untuk SD/ MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Hal 52-53)
3. Laelawati, Susi. 2009. Keanekaragaman
Hayati. Jakarta: Nobel. ( Hal 19- 50)
4. Hadi O, Wigati. 2008. Bagaimana Hewan dan Tumbuhan
Mempertahankan Diri?. Klaten: Intan Pariwara. ( Hal 57- 64)
5. Wiyono, Edy, dkk. 2008. Ilmu pengetahuan alam 5: untuk sd dan kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan. ( Hal 54- 57)
6. Kusumawati, rohana, dkk. 2008. IPA Salingtemas untuk kelas
V SD/MI. Jakarta. Bse. ( Hal 54- 57)
Alat Peraga:
1. Lagu “Adaptasi” versi Tamasya
2. Beraneka tumbuhan ( Kangkung, mawar, dst ) dan Gambar
beraneka tumbuhan
3. Tabel adaptasi tumbuhan
4.Papan Skor
J. Penilaian
1. Prosedur Tes : proses
dan akhir
2. Jenis
Tes : lisan dan tertulis
3. Teknik
Tes : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
4. Bentuk
Tes : uraian
5. Alat
Tes : LKS, soal,
kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar